FLOSING? PENTING GAK SIH?

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :


 Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau dental floss. Meski banyak orang mengetahui teknik membersihkan gigi ini, namun masih jarang yang melakukannya. Melakukan flossing dianggap sebagai hal yang tak perlu dan hanya membuang-buang waktu atau tenaga. Nah, berikut ini beberapa keuntungan dari melakukan flossing:
1.       Mencegah terbentuknya tartar Ketika sisa makanan menempel dan menumpuk pada gigi, biasanya kita akan menyebutnya sebagai plak. Namun ketika plak tak segera dihilangkan dari gigi, biasanya plak akan semakin menumpuk dan mengeras. Inilah yang disebut dengan tartar. Tartar lebih sulit untuk dihilangkan karena keras dan sudah menumpuk lama. Tartar juga seringkali menyebabkan penyakit gusi seperti gingivitis. Melakukan flossing adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan plak dan mencegah terbentuknya tartar yang terlewatkan oleh sikat gigi.
2.       Mencegah gigi berlubang Makanan yang menempel pada gigi atau di antara sela gigi adalah alasan terbesar gigi bisa berlubang. Melakukan flossing untuk menghilangkan makanan tersebut akan membantu mencegah sisa makanan menempel dan mencegah gigi berlubang.
3.       Mencegah bau mulutKetika makanan tersisa di sekitar gigi, makanan akan membusuk dan bisa menyebabkan bau tak sedap. Ini adalah salah satu alasan seseorang memiliki bau napas yang tak sedap. Melakukan flossing akan membantu membersihkan sela-sela gigi dari makanan sisa, sehingga tak menyebabkan bau mulut.
4.        Mencegah penyakit lainnya Kesehatan mulut dan gigi juga seringkali berimbas pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bakteri yang terbentuk pada mulut Anda bisa menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit pernapasan, dan lainnya. Pada tahun 2003, CDC (Centres for Disease Control and Prevention) merekomendasikan semua orang untuk mengawasi kesehatan gigi dan mulut mereka karena bisa memicu penyakit lain dalam tubuh secara sistemik.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :